Minggu, 13 Mei 2012

SASTRA ANAK (BAHASA INDONESIA)


Sastra Untuk Anak Sekolah Dasar
A.    Karakteristik Sastra Untuk Anak-Anak
Sastra anak adalah sastra yang menglisahkan dunia anak (fantasi-bermain) dan bersifat “ ke-masakini-an”. Sastra anak mempunyai sejumlah ciri. Menurut Farris (1993) dan Akhadiah (1994), ciri-ciri sastra anak meliputi

1. isi/tema dekat dengan kehidupan anak,
2. kesederhanaan penggunaan bentuk bahasa, dan
3. tema sesuai dengan tingkat pengembangan psikologi
sarumpaet (1976) mengidentifikasi tiga ciri pembeda antara bacaan anak-anak dan bacaan dewasa dilihat dari sisi nilai, cara penyajian, dan fungsi ketiga ciri pembeda itu ialah adanya
1. Unsur Pantangan
tema cerita anak-anak ditentukan berdasarkan pertimbangan nilai edukatif walaupun persoalan-persoalan seks, cinta erotis, kebencian, kekejaman, kekerasan, dan prasangka serta masalah hidup dan mati sering menjadi fokus dalam isi sastra, pantang untuk disajikan sebagai tema dalam sastra anak.
Tema-tema yang sesuai untuk prosa fiksi anak-anak adalah tema-tema yang menyajikan masalah-masalah yang sesuai dengan kehidupan anak, seperti kepahlawana, kepemimpinan,suka duka, pengembaraan, peristiwasehari-hari, kisah-kisah perjalanan seperti ruang angkasa, penjelajahan, dan sebagainya (sarumpaet, 1976; Huck, 1987; Mithell, 2003).
Berkaitan dengan pemecahan masalah yang disajikan dalam cerita, sarumpaet (11976) berpandapat bahwa akhir cerita anak-anak tidak selalu suka ataupun indah. Walaupun cerita dapat berakhir dengan duka, yang penting bersifat afirmatif (menimbulkan respons yang positif)
2. Penyajian dengan Gaya Langsung
Penyajian Gaya langsung pada umumnya berkait dengan pengaluran, penokohan, latar, pusat pengisahan dan gaya bahasa. Hal-hal yang perlu di perhatikaqn dalam penyajian yaitu, alur, cerita anak-anak seharusnya singkat dan mengetengahkan jalinan peristiwa yang dinamis dan jelas sebab-sebabnya, tokoh, melalui pengisahan dan dialog akan terwujudkan suasana dan tergambar tokoh-tokoh yang jelas sifat,peran, maupun fungsinya dalam cerita (Faris, 1993).
Selain alur dan tokoh, latar cerita juga dapat memudahkan anak mengidentifikasi cerita. Cerita dengan latar tempat dan waktu yang dekat dengan kehidupan anak sehari-hari dapat menarik perhatian anak.
Pusat pengisahan (sudut panndang) adalah pisisi yang diambil pengarang dalam menuturkan kisahnya dan bergantung pada pusat pengisahanya. Pusat pengisahan yang jelas akan dapat memperjelas amanat cerita. Gaya bahasa, gaya bahasa dalam cerita anak umumnya dituturkan secara langsung, tidak berbelit-belit (sederhana), kalimatnya pendek-pendek, tetapi tetap mengacu pada factor keindahan.
3. Unsur Terapan
Kebanyakan bacaan anak ditulis oleh orang dewasa sehingga fungsi terapan sering dimanfaatkan untuk menampung kecenderungan penulisnya untuk menggurui (sarumpaet, 1976). Fungsi terapan dalam hal ini untuk menambah pengetahuan umum baik dalam bidang sosial, bahasa, maupun sain sehingga hal-hal yang ditampilkan dapat mengajarkan sesuatu. Dari sisi format dan artistiknya, karakteristik sastra anak dapat terlihat dari segi ukuran, gambar dan ilustrasi, warna, dan elemen-elemen gambar dalam cerita (Tomlinson, 2002; Mitchell, 2003; Norton, 1987).
B. Ruang Lingkup Sastra Untuk Anak SD
1. jenis sastra untuk anak-anak
Secara umum jenis sastra terbagi atas tiga bentuk, yaitu bprosa, puisi, dan drama. Ketiga bentuk tersebut memiliki ciri dan otonomi yang berbeda. Bentuk-bentuk tersebut dapat dibedakan berdasarkan format teks/ struktur, bahasa, dan bangun sastranya (mode). Jenis-jenis sastra tersebut dapat digunakan sebagai materi pembelalajaran sastra semua jenjang pendidikan. Dari bentuk-bentuk sastra tersebut, umumnya anak-anak menyenangi hal-hal yang fantastic, pertualangan, kepemimpian, keberanian, dan peristiwa aneh-aneh.
Untuk puisi, Fisher dan maretta (dalam Tarigan 1995) menyatakan bahwa anak-anak senang menggemari puisi naratif, limerick. Dan lirik khususnya berkaitan dengan binatang dan pengalaman-pengalaman yang lazim dalam kehidupan anak. Mengingat begitu beragamnya jenis sastra, penelitian ini hanya akan memfokuskan satu bentuk saatra, yaitu prosa khusunya prosa fiksi untuk anak-anak sebagai materi penelitian pembelajaran sastra di SD. Penjelasan tersebut akan diawali dari penjelasan prosa fiksi dan penguraian jenis-jenis prosa fiksi.
1. Prosa Fiksi
Pada dasarnya prosa fiksi mengacu pada kata yang membentuknya, yaitu kerangka dasar pada kata ”fiksi”. Kata fiksi atau fiction di turunkan dari bahasa latin fistio, fictun yang berarti ”membentuk, membuat, mengadakan, menciptakan” (Webster New Collegiate Distionary dalam Tarigan, 1960). Menurut The American College Dictionary (dalam Tarigan, 1995), istilah fiksi dapat diartikan cabang dari sastra yang menyusun karya-karya narasi imajinatip, terutama dalam bentuk prosa atau sesuatu yang diadakan, dibuat-buat, diimajinasikan, dan suatu cerita yabg disusun.
Prosa dapat diartikan sebagai bentuk cerita rekaan atau cerita yang diciptakan berdasarkan kekuatan imajinasi pengarang untuk membangkitkan atau menghidupkan segala sesuatu itu lebih hidup dan seolah-olah apa yang diceritakan benar-benar terjadi dalam dunia nyata. Menurut Aminuddin (1987, istilah prosa fiksi disebut juga karya fiksi atau prosa cerita, prosa narasi, narasi atau cerita ber plot. Rahmanto (1986 menjelaskan bahwa cerita fiksi dapat dikatagorikan sebagai bentuk sastra yang imajinatif. Prosa fiksi anak-anak memiliki berbagai macam jenis. Menurut beberapa ahli sastra, jenis-jenis PFA dikategorikan
1. Buku bergambar
Buku bergambar adalah buku yang memuat suatu cerita melalui gabungan antara teks dan ilustrasi. Stewig (1980) menjelaskan bahwa buku bergambar merupakan buku yang berisi cerita dan gambar.
Fungsi buku yang bergambar menurut Stewig (1980) memiliki tiga hal penting, yaitu:
- They provide language input of children (buku bergambar menyediakan bahasa untuk anak),
- They provide visual input for the child (buku bergambar mempertajam wawasan anak), dan
- They stimulate the visual and verbal fluency of children (buku bergambar memberikan dorongan dan memengaruhi anak secara jalas).
2. Sastra Tradisional
Sastra tradisional merupakan salah satu jenis sastra yang paling tua kehadiranya dalam kancah kesastraan. Sastra tradisional umumnya berisi tentang tukang sihir, putrid-putri cantik, dan pahlawan berani. Isi cerita sastra tardisional dikelompokan menjadi beberapa kategori, misalnya cerita rakyat, mitologi,legenda, fable, dongeng, perumpamaan, balada, nyanyian rakyat, dan syair-syair kepahlawanan (Huck dkk., 1987).
3. Fiksi Realistis
fiksi realistis (FR) adalah cerita yang ditulis secara imajinatif realistis berkenaan dengan keseluruhan aspek hidup dan kehidupan manusia. Tema-tema umum fiksi realistis berkisar pada masalah keluarga.
4. Fiksi Sejarah
fiksi sejarah merupakan cerita realistis masa lalu latau latar waktunya masa lalu dengan kisahan waktu yang berbeda (Rothlein, 1991 dan stewig, 1980).
5. Fiksi Fantasi
Istilah fiksi fantasi identik dengan pembatasan ketidakpercayaan. Fiksi fantasi disebut juga cerita khayal. Fiksi fantasi menggabungkan unsur-unsur yang mungkin dan yang tidak mungkin untuk membuat hal yang tidak dapat dipercaya tampak dipercaya. Fiksi fantasi memasukan hubungan antara bahasa dengan gambaran, membuat benda-benda yang tidak tampak menjadi tampak, dan membuat hal-hal yang tidak diketahui menjadi diketahui (Cullinan, 1989).
6. Fiksi Ilmu Pengetahuan
fiksi ilmu pengetahuan adalah subbagian cerita fantasi. Pada dasarnya, fiksi ilmu pengetahuan menekankan dasar-dasar hokum ilmiah dan kemajuan teknologi.
Baca juga:
  1. Komputer Tablet US$100 untuk Anak Sekolah
  2. Benarkah Film Little Krishna Tayangan untuk Anak-Anak?
  3. Menggunakan “Parental Control Software” untuk Anak
  4. Richa Novisha: Aku Harus Fight Untuk Anak
  5. Jack Sparrow Beri Kejutan Anak Sekolah
berita.balihita.com / Sastra Untuk Anak Sekolah Dasar







Disekolah Dasar, Pembelajaran Sastra dimaksudkan Untuk meningkatkan kemampuan siswa mengapresiasikan karya sastra. Menurut Huck (1987 : 630-623) bahwa pembelajaran sastra di SD harus memberi pengalaman pada siswa yang akan berkontribusi pada 4 tujuan, yakni :
1.      Pencarian kesenangan Pada buku
2.      Menginterprestasikan bacaan sastra
3.      Mengembangkan kesadaran bersastra
4.      Mengembangkan apresiasi
Pembelajaran sastra di SD adalah Pembelajaran sastra anak. Sastra anak adalah karya sastra yang secara khusus dapat dipahami oleh anak-anak dan berisi tentang dunia yang akrab dengan anak-anak, yaitu anak yang berusia antara 6-13 tahun. Sifat sastra anak adalah imajinasi semata, bukan berdasarkan pada fakta. Unsur imajinasi ini sangat menonjol dalam sastra anak. Hakikat sastra anak harus sesuai dengan dunia dan alam kehidupan anak-anak yang khas milik mereka dan bukan milik orang dewasa. Sastra anak bertumpu dan bermula pada penyajian nilai dan imbauan tertentu yang dianggap sebagai pedoman tingkah laku dalam kehidupan.
Jenis sastra anak meliputi prosa, puisi, dan drama. Jenis prosa dan puisi dalam sastra anak sangat menonjol. Berdasarkan kehadiran tokoh utamanya, sastra anak dapat dibedakan atas tiga hal, yaitu :
(1) sastra anak yang mengetengahkan tokoh utama benda mati,
(2) sastra anak yang mengetengahkan tokoh utamanya makhluk hidup selain manusia,
(3) sastra anak yang menghadirkan tokoh utama yang berasal dari manusia itu sendiri.
Seperti pada jenis karya sastra umumnya, sastra anak juga berfungsi sebagai media pendidikan dan hiburan, membentuk kepribadian anak, serta menuntun kecerdasan emosi anak. Pendidikan dalam sastra anak memuat amanat tentang moral, pembentukan kepribadian anak, mengembangkan imajinasi dan kreativitas, serta memberi pengetahuan keterampilan praktis bagi anak. Fungsi hiburan dalam sastra anak dapat membuat anak merasa bahagia atau senang membaca, senang dan gembira mendengarkan cerita ketika dibacakan atau dideklamasikan, dan mendapatkan kenikmatan atau kepuasan batin sehingga menuntun kecerdasan emosinya.
Kegiatan Belajar 2
Apresiasi Sastra Anak
1.      Apresiasi berarti :
(a) kesadaran terhadap nilai-nilai seni dan budaya;
(b) penilaian (penghargaan) terhadap sesuatu; dan
(c) kenaikan nilai barang karena harga pasarnya naik atau permintaan akan barang itu bertambah.
Sehubungan dengan materi pembelajaran sastra anak ini, pengertian apresiasi yang kita maksudkan di sini adalah pengertian pertama dan kedua, yaitu (a) kesadaran kita terhadap nilai-nilai seni dan budaya (sastra anak), dan (b) penilaian atau penghargaan kita terhadap sesuatu (sastra anak).
1.      Ada tiga batasan apresiasi sastra anak, yaitu
(a) Apresiasi sastra anak adalah penghargaan (terhadap karya sastra anak) yang didasarkan pada pemahaman;
(b) Apresiasi sastra anak adalah penghargaan atas karya sastra anak sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra anak; dan
(c) Apresiasi sastra anak adalah kegiatan menggauli cipta sastra anak dengan sungguh-sungguh hingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis dan kepekaan perasaan yang baik terhadap cipta sastra anak.
1.      Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak itu kita dapat melakukan beberapa kegiatan, antara lain :
(a) kegiatan apresiasi langsung, yaitu membaca sastra anak, mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan, dan menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan;
(b) kegiatan apresiasi tidak langsung, yaitu mempelajari teiri sastra, mempelajari kritik dan esai sastra, dan mempelajari sejarah sastra;
(c) pendokumentasian sastra anak, dan
(d) melatih kegiatan kreatif mencipta sastra atau rekreatif dengan mengungkapkan kembali karya sastra yang dibaca, didengar atau ditontonnya.
1.      Ada tiga tingkatan atau langkah dalam apresiasi sastra anak, yaitu :
(a) seseorang mengalami pengalaman yang ada dalam cipta sastra anak, ia terlibat secara emosional, intelektual, dan imajinatif;
(b) setelah mengalami hal seperti itu, kemudian daya intelektual seseorang itu bekerja lebih giat menjelajahi medan makna karya sastra yang diapresiasinya; dan
(c) seseorang itu menyadari hubungan sastra dengan dunia di luarnya sehingga pemahaman dan penikmatannya dapat dilakukan lebih luas dan mendalam.
1.      Setidaknya terdapat lima manfaat bagi kehidupan ketika mengapresiasi sastra anak, yaitu
(a) manfaat estetis,
(b) manfaat pendidikan,
(c) manfaat kepekaan batin atau sosial,
(d) manfaat menambah wawasan, dan
(e) manfaat pengembangan kejiwaan atau kepribadian.
Kegiatan Belajar 3
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak
1.      Pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar meliputi tiga tahapan yang harus dilalui seorang guru, yaitu :
(a) persiapan pembelajaran,
(b) pelaksanaan pembelajaran, dan
(c) evaluasi pembelajaran.
1.      Tahap persiapan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar bagi seorang guru dapat menyangkut dengan dirinya, yaitu
(a) persiapan fisik, dan
(b) persiapan mental.
Fisik seorang guru harus sehat jasmaninya, tidak sakit-sakitan. Mentalnya pun harus sehat jiwanya, tidak sakit ingatan.
Sementara itu, hal-hal teknis yang perlu dipersiapkan adalah:
(a) memilih bahan ajar,
(b) menentukan metode pembelajaran, dan
(c) menuliskan persiapan mengajar harian.
1.      Bahan ajar harus sesuai dengan anak didik sehingga pertimbangan usia anak didik menjadi pilihan utama. Keberagaman tema, keberagaman pengarang, dan bobot atau mutu karya sastra yang akan dijadikan bahan ajar juga menjadi pertimbangan yang matang. Menentukan metode harus disesuaikan dengan kemampuan guru dan kebutuhan serta kesesuaian dengan keadaan siswa. Menuliskan persiapan mengajar harian merupakan salah satu bentuk keprofesionalan seorang guru. Penulisan PMH itu juga menunjukkan bahwa guru siap secara lahir batin hendak menyampaikan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar.
2.      Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas, Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.
3.      Evaluasi pembelajaran apresiasi sastra itu hendaknya mengandung tiga komponen dasar evaluasi, yaitu :
(a) kognisi,
(b) afeksi, dan
(c) keterampilan.
Pada umumnya dikenal dua bentuk penilaian, yaitu :
(a) penilaian prosedur, yang meliputi penilaian proses belajar dan penilaian hasil belajar, dan
(b) instrumen atau alat penilaian, yang meliputi tanya jawab, penugasan, esai tes dan pilihan ganda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar